Selasa, 06 Mei 2008

amerika boleh punya king of rock dan king of pop tapi indonesia punya raja dangdut

Amerika boleh punya King of Rock ataupun King of Pop, tapi Indonesia juga tidak kalah karena kita punya Raja Dangdut: Rhoma Irama, Sang Satria Bergitar Legenda.


Sedari kecil, Rhoma sudah menunjukkan musikalitas yang luar biasa. Dia suka melantunkan lagu "No Other Love" kesukaan ibunya. Bahkan konon sewaktu dia masih bersekolah di Tasikmalaya, satu kelas menjadi kosong karena pindah ke kelas lain untuk menyaksikan Rhoma beraksi menyanyi. Bakat musiknya sedikit banyak merupakan warisan dari Ayahnya yang mahir bermain suling dan menyanyikan lagu-lagu Cianjuran. Pamannya, Arifin Ganda, juga turut andil dalam memupuknya dengan memperkenalkan lagu-lagu Jepang saat Rhoma masih kecil.


Salah satu prestasi musiknya yang cukup menonjol saat masih kecil adalah ketika dia menarik perhatian seorang musisi senior pada jaman itu, Bing Slamet, saat membawakan sebuah lagu barat pada pesta di sekolahnya. Karena itulah, pada waktu Rhoma masih duduk di kelas 4 SD, Bing Slamet membawanya untuk tampil pada sebuah pertunjukan di Gedung Serikat Buruh Kereta Api (SBKA).


Sosok kharismatis yang akrab disapa sebagai Bang Haji ini lahir pada 11 Desember 1946 di Tasikmalaya. Putra dari pasangan Raden Burdah Anggawiya dan Tuti Juariah, dia adalah anak kedua dari empat belas bersaudara.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

soerabaja, djawa jtimur